Kamis, 29 Oktober 2015

Pinsip Kerja Mesin AC Standing



 AC atau Air conditioner adalah sebuah alat / mesin yang berfungsi  untuk  menyejuk kan ruangan atau alat pengatur udara  guna  memberikan rasa nyaman pada pemakainya.Selain itu AC standing   juga berfungsi sebagai  pembersih udara diruangan dan sekaligus bermanfaat untuk kesehatan.

Seorang teknisi di Tempat penyewaan AC di Cikarang menjelaskan seperti sebuah mesin pada umum nya, AC standing terdiri  dari berbagai macam alat atau komponen yang saling mendukung atau berkaitan pada prinsip kerjanya.Ada 4 komponen utama  dalam sistem mesin pendingin  udara (AC) yaitu Compressor, Kondensor, Katub ekspansi (pipa kapiler) dan Evaporator. Masing  masing dari keempat komponen tersebut mempunyai sifat sifat tersendiri.



sewa ac murah di jakarta timur
mesin ac standing 5 pk
Mesin pada unit AC standing adalah mesin  yang terdiri dari sebuah kompresor dan sebuah elektro motor.Kompresor digerak kan oleh elektro motor yang bertugas untuk mengsirkulasikan ( menghisap dan menekan ) refrigerant pada  instalasi sistem pendingin. Pada proses ini motor  kompresor akan selalu bergerak atau berputar dengan kecepatan tinggi dan dalam jangka waktu lama.

Minyak pelumas atau olie dalam mesin AC merupakan bagian yang penting untuk melumasi dan melindungi bagian bagian yang bergerak  di dalam motor kompresor.Bilamana pelumasnya kurang sempurna maka bagian bagian yang bergerak dari kompresor akan cepat aus dan rusak.
Minyak pelumas atau olie dalam mesin ac (air conditioner) berfungsi  untuk :
  • Mengurangi gesekan dari bagian bagian yang bergerak.
  • Mengurangi terjadinya panas pada busing (bos) dari bantalan
  • Membentuk lapisan penyekat (oil film) antara torak dan dinding silinder
  • Berfungsi membantu mendinginkan kompresor motor listrik di dalam unit kompresor.
Selain dari pada itu lapisan oil (oil film) terbentuk diantara poros dan bantalan yang berfungsi untuk mencegah kontak langsung  saat poros bergerak lambat dengan bantalan.Gesekan antara dua bagian yang bergerak tetap ada,hanya kecil sekali.
Demikian salah satu fungsi minyak pelumas atau olie pada mesin AC,Mesin kulkas dan mesin pendingin lain nya.Penambahan atau pengisian olie yang tepat pada masing masing mesin  kompresor dapat membantu kerja  atau  memperpanjang umur (lifetime) kompresor tersebut.
CV.Kurnia Teknik adalah Salah satu Perusahaan  tempat penyewaan ac di Bekasi dan sekitar nya.Kami melayani penyewaan ac di Jakarta selatan,Jakarta Pusat,Jakarta utara,Jakarta Timur,Bekasi,Cibubur,Pondok Gede,Cikarang,Karawang dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar