Selasa, 19 Juni 2012

RENTAL AC JAKARTA - BEKASI


CARA KERJA PIPA KAPILER
   Pipa kapiler sering dipakai pada mesin refrigerasi berkapasitas rendah ,seperti pada penyegar udara ,pendingin air minum,dan sebagainya.Pipa kapiler adalah pipa kecil berdiameter dalam 0,8 sampai 2,0 mm dan panjangnya kurang dari 1 meter.
Pipa kapiler dipasang sebagai pengganti  katup  expansi  .Tahanan dari pipa kapiler inilah yang dipergunakan untuk mentrotel dan menurunkan tekanan. Diameter  dan panjang pipa kapiler ditetapkan berdasarkan kapasitas pendinginan,kondisi system,jumlah refrigerant dari mesin refrigerasi yang bersangkutan.
Kontruksi  pipa kapiler sangat sederhana,sehingga jarang terjadi gangguan.Pada waktu kompresor berhenti bekerja,pipa kapiler menghubungkan bagain tekanan tinggi dengan bagian tekanan rendah,sehingga menyamakan tekananya dan memudahkan pada saat star berikutnya.
Namun ada beberapa hal yangdiperhatikan :
1.
Pipa kapiler hendak nya tidak dipergunakan pada unit kodensor dengan pendinginan air.karena jumlah refrigerant ,temperature air pendingin dan factor lainya dapat berubah –ubah.
2
Tekanan pengembunannya hendaknya tidak terlampau tinggi ,karena dalam keadaan tersebut ,laju aliran refrigerant akan bertambah besar dan kondisi operasi cair kembali (liquid back ) tak dapat dihindarkan.
3

Jumlah refrigerant didalam mesin harus diusahakan sedikit saja untuk mencegah operasi beban berat untuk jangka waktu panjang. Jumlah refrigerant dalam didalam bagian tekanan rendah mencapai maksimum pada waktu kompresor berhenti bekerja.
4
Maka hendaknya dipergunakan pipa kapiler yang sesuai untuk mesin refrigerasi.Jadi ,apabila tahanan pipa kapiler terlalu rendah (diameter dalam terlalu besar/terlalu pendek ),maka aliran refrigerant terlalu besar sehingga terjadi cair kembali ( liquid back) dan kapasitas refrigerasinya berkurang.sebaliknya,apabila tahanan pipa kapilernya terlampau tinggi (diameter dalam terlampau kecil /terlalu panjang)boleh dikatakan tidak mungkin mengalirkan refrigerant sesuai yang diperlukan sehingga kapasitas refrigerasi  dari mesin akan kurang.
5
Oleh karena pipa kapiler merupakan pipa halus berdiameter kecil dan uniform, hendaknya diperlakukan dengan hati-hati ,jangan sampai rusak dan tersumbat kotoran

Rental AC ,Misty Fan ,Genset
Telp .021 8604044 - 84970023 - 99621500
Hp  0815 8989363 - 0812801479                       www.rentalacbekasi.com
   


Tidak ada komentar:

Posting Komentar